Translate

Sabtu, 13 November 2010

DISTRO GENTOO LINUX



DISTRO GENTOO LINUX



Gentoo adalah sistem operasi bebas berbasis Linux atau FreeBSD yang dapat dioptimasi dan dikustomisasi secara otomatis untuk hampir semua aplikasi atau butuhkan. configurability Extreme, kinerja dan pengguna top-notch dan komunitas pengembang semua keunggulan dari pengalaman Gentoo.


Berkat teknologi yang disebut Portage, Gentoo dapat menjadi sebuah server yang aman yang ideal, workstation pengembangan, desktop profesional, sistem game, solusi embedded atau sesuatu yang lain - apa yang Anda butuhkan untuk menjadi. Karena adaptasi yang nyaris tak terbatas, kami menyebut Gentoo metadistribution sebuah.

Tentu saja, Gentoo adalah lebih dari sekedar perangkat lunak yang menyediakan. Ini adalah masyarakat dibangun di sekitar sebuah distribusi yang didorong oleh lebih dari 300 pengembang dan ribuan pengguna. Proyek distribusi menyediakan sarana bagi pengguna untuk menikmati Gentoo: dokumentasi, infrastruktur (milis, situs, forum pelepasan ...), rekayasa, port perangkat lunak, jaminan kualitas, tindak lanjut keamanan, pengerasan dan banyak lagi.

Untuk saran dan bantuan pembangunan global Gentoo, sebuah dewan 7-anggota dipilih secara tahunan yang memutuskan global, kebijakan masalah dan kemajuan dalam proyek Gentoo.



PORTAGE




Portage adalah jantung Gentoo, dan melakukan fungsi tombol banyak. Untuk satu, Portage adalah sistem distribusi software untuk Gentoo. Untuk mendapatkan software terbaru untuk Gentoo, anda ketik satu perintah: emerge - sync. Perintah ini memerintahkan Portage untuk memperbarui lokal Anda "pohon Portage" melalui Internet. Pohon Portage lokal Anda berisi koleksi lengkap dari skrip yang dapat digunakan oleh Portage untuk menciptakan dan menginstal paket-paket terbaru Gentoo. Saat ini, kami memiliki lebih dari 10000 paket di pohon Portage kami, dengan pembaruan dan yang baru akan ditambahkan setiap saat.


Portage juga merupakan bangunan paket dan sistem instalasi. Ketika anda ingin menginstal sebuah paket, Anda mengetik emerge packagename, di mana titik Portage secara otomatis membangun sebuah versi khusus dari paket untuk spesifikasi yang tepat Anda, mengoptimalkan untuk hardware anda dan memastikan bahwa fitur-fitur opsional pada paket yang Anda inginkan diaktifkan - - dan yang tidak Anda inginkan tidak.

Portage juga menjaga sistem anda tetap up-to-date. Mengetik emerge-UD dunia - satu perintah - akan memastikan bahwa semua paket yang anda inginkan di sistem anda diperbarui secara otomatis.


Gentoo Linux adalah suatu distribusi Linux yang memakai paket sistem manajemen Portage. [Bandingkan dengan: Debian yang menggunakan paket .deb, RedHat / Mandrake yang menggunakan paket .rpm]. Manajemen paket ini dirancang untuk modular (mudah ditambah-tambah), portabel (dapat di port ke distro lain), mudah ditata, fleksibel, dan dioptimalkan untuk masing-masing komputer pengguna. Paket-paketnya biasanya dibangun dari kode sumber (source), walaupun untuk kenyamanan, sebagian besar paket perangkat lunak juga tersedia dalam bentuk binari.
Nama proyek pengembangan dan produknya diambil dari jenis penguin bernama Gentoo.
Penjelasan resmi dari situs gentoo adalah sebagai berikut:
Kami membuat Gentoo Linux, distribusi yang mempunyai keunikan tersendiri dan dapat dioptimisasi dan dikustomisasi untuk hampir segala jenis aplikasi atau kegunaan. Konfigurasi yang sangat ekstrim, dukungan dari sesama user dan developer yang sangat bagus adalah salah satu kelebihan Gentoo.
Berkat adanya teknologi bernama Portage, Gentoo Linux dapat menjadi server yang aman, sistem develop, profesional desktop, game sistem, solosi buat 'embedded' atau apa pun sesuai yang kita ingini. Karena kemampuan adaptasi Gentoo yang hampir tidak ada batasnya, maka kita menamai Gentoo Linux sebagai MetaDistribusi.


Meski sistem penomoran versi berubah ke tahun, sistem nomor versi masih dipertahankan. Sebagai contoh, / etc / gentoo-rilis mungkin berisi "Gentoo Base System version 1.6.13" (Modified Agustus 26, 2005). Nomor ini sebenarnya nomor versi dari paket sys-apps/baselayout di Portage.
Setelah Gentoo terinstal, ia menjadi "versionless" (tanpa versi); artinya, setiap kali emerge (pengunduhan tambahan) dilakukan , sistem tersebut menjadi versi terbaru. Jika sistem diinstal dari CD 2005.0 lalu 2005.1 dirilis, maka dengan sebuah emerge, sistem dapat diperbarui secara efektif.
Pada tanggal 22 September 2008, diumumkan bahwa versi 2008.1 telah dibatalkan dan rilis baru sedang dipertimbangkan. Metode baru ini akan otomatis membangun versi mingguan (Tahap 3 dan minimal cd), Live CD dan DVD akan tetap dirilis dalam siklus tahunan.

 KELEBIHAN
v    Bahwa Gentoo bisa diperbaharui secara kecil dan terus menerus (incremental).
v     Beban untuk melakukan migrasi ke versi baru bisa dilakukan secara sedikit demi sedikit setiap minggu, dan bukan secara sekaligus setiap enam bulan sekali misalnya.
v    Pada melkukan instalasi kita masih bisa melakukan aktivitas sehari-hari sambil menunggu proses instalasi Gentoo berakhir.
 KEKURANGAN
v     Membutuhkan waktu yang sangat lama dalam melakukan instalasi.
v     Masih banyak orang yang meragukan kinerja distro linux gentoo.
v     Distro linux gentoo masih belum bisa di bilang favorit.

      PENGINSTALAN
           Selamat Datang!
Pertama-tama, selamat datang di Gentoo! Anda akan memasuki dunia yang penuh dengan pilihan dan performa. Konsep Gentoo adalah kebebasan memilih. Ketika anda menginstal Gentoo, hal ini akan diperjelas beberapa kali -- anda dapat memilih sejauh mana anda ingin mengkompilasi sistem anda, cara menginstal Gentoo, sistem log apa yang anda inginkan, dll.
Gentoo adalah metadistro modern yang kencang dengan rancangan yang rapi dan fleksibel. Gentoo dibangun dengan software bebas dan tidak akan menyembunyikan apapun yang berada dibalik Gentoo dari para penggunanya. Portage, sistem pengatur paket yang digunakan oleh Gentoo, ditulis dengan Python, yang berarti anda dapat dengan mudah melihat dan memodifikasi source code-nya. Sistem paket Gentoo menggunakan source code (walaupun dukungan terhadap paket-paket prebuilt diikutsertakan juga) dan konfigurasi Gentoo menggunakan file text biasa. Dengan kata lain, keterbukaan ada dimana-mana.
Sangat penting bagi anda untuk mengerti bahwa pilihan adalah apa yang membuat Gentoo berfungsi. Kami mencoba untuk tidak memaksa anda terhadap apapun yang tidak anda sukai. Jika anda merasa kami memaksa anda, silakan buat laporan bug.
      Proses instalasi Gentoo dapat dirangkum dalam 10 langkah, yang terdiri dari bab 2 sampai 11. Setiap langkah menghasilkan satu situasi tertentu:
  •     Setelah langkah 1, anda akan berada di dalam lingkungan kerja yang siap digunakan untuk menginstal Gentoo.
  •     Setelah langkah 2, koneksi internet anda sudah siap digunakan untuk menginstal Gentoo.
  •     Setelah langkah 3, harddisk anda siap untuk melakukan proses instalasi Gentoo.
  •     Setelah langkah 4, lingkungan instalasi anda sudah siap dan anda siap untuk melakukan chroot ke lingkungan baru.
  •     Setelah langkah 5, paket-paket inti, yang sama untuk seluruh instalasi Gentoo, telah terinsta.l
  •     Setelah langkah 6, anda telah mengkompilasi kernel Linux anda.
  •     Setelah langkah 7, anda telah mengkonfigurasi hampir semua file konfigurasi sistem Gentoo.
  •     Setelah langkah 8, aplikasi-aplikasi sistem penting (yang dapat anda pilih dari sebuah daftar) telah terinstal.
  •     Setelah langkah 9, bootloader pilihan anda telah terinstal dan dikonfigurasi, dan anda sudah masuk ke instalasi Gentoo baru anda.
  •     Setelah langkah 10, sistem Gentoo Linux anda sudah siap untuk beraksi.
     


      untuk lebih jelasnya search di www.gentoo.com



PEMUDA dan SOSIAL

PEMUDA DAN SOSIAL


Pemuda adalah generasi penerus dari generasi terdahulu. Anggapan itu merupakan beban moral yang ditanggung bagi pemuda untuk memenuhi tanggung jawab yang diberikan generasi tua. Selain memikul beban tersebut pemuda juga dihadapkan persoalan-persoalan diantaranya kenakalan remaja, ketidak patuhan pada orang tua/guru, kecanduan narkotika, frustasi, masa depan suram, keterbatasan lapangan kerja dan masalah lainnya. Seringkali pemuda dibenturkan dengan “nilai” yang telah ada jika mereka berkelakuan di luar nilai tersebut.

Munculnya jurang pemisah antara generasi muda dan generasi tua merupakan akibat dari benturan dua kebudayaan yaitu tradisional dan modern. Dimana budaya tradisional itu dianut oleh generasi tua yang terdahulu dan budaya modern dikembangkan oleh generasi muda yang telah tercium arus globalisasi dengan tujuan untuk mengadakan perubahan-perubahan yang lebih baik dari generasi orang tua. Perkembangan dengan tidak adanya kematangan/kedewasaan mental dan arahyang baik maka dapat menimbulkan masalah seperti pada penyalahgunaan telephon genggam (mobile phone) atau sering juga disebut HP, dengan adanya pembaharuan-pembaharuan dari alat komunikasi ini menjadikan fungsi HPmenjadi barang prestise dalam pergaulan anak muda jika tidak menggunakan HP model baru dapat dikatakan “kuno” atau “ketinggalan jaman”. Selain itu semakin canggihnya fungsi HP yang dapat digunakan mengambil foto dan merekam gambar yang bergerak sering kali dipersalah gunakan untuk merekam gambar dan film porno.
Orangt tua mempunyai kebiasaan dalam mendidik anak yaitu dengan menurunkan nilai-nilai budaya dan penerusan kebiasaan mereka. Dewasa ini pemuda seringkali mengambil langkah sendiri dalam menjalani hidupnya tanpa menghiraukan pendidikan yang diberikan orang tuanya. Hal ini dikarenakan adanya anggapan dari pemuda bahwa apa yang diberikan oleh orang tua adalah suatu hal yang kuno. Adanya perbedaan situasi kehidupan dan banyaknya perubahan-perubahan yang terjadi memposisikan pendidikan yang diberikan orang tua sudah ketinggalan jaman. Selain itu lebih tingginya pendidikan anak dari orang tuamemberikan keyakinan bahwa anak dapat memutuskan jalan hidupnya sendiri karena mereka merasalebihmengerti dan tahu bagaimana menjalani hidupnya sendiri.
Permasalahan ini adalah pemasalahangenerasi yang merupakan suatu masalah masyarakat yang di kenal sejak dulu kala. Yang dipermasalahkan adalah nilai-nilai masyarakat. Bagaimana serasi atau kurang serasi hubungan ini akan tampak dalam saat-saat kritis. Pada umumnya dapat dikatakan bahwa masalah antar generasi mencerminkan kebudayaan itu sendiri. Dengan demikian, bagaimana penyelesaian masalah itu sendiri juga mencerminkan kebudayaan masyarakat itu. Permasalahan ini menurut para ahli paedagogi social bahwa masalah antar generasi tidak terdapat di masyarakat tradisional. Dapat dikatakan bahwa masalah antar generasi merupakan suatu masalah modern. Adapun inti pokok adalah bahwa dalam masyarakat sistem tertutup/tradisional, pembinaan dan proses pendewasaan terjadi secara kontinyu, di awasi oleh social control masyarakat.
Suatu masyarakat akan mengalami stabilitas social apa bila “prosesproduksi generasi” berjalan dengan baik, sehingga terbentuk personifikasi, identitas-identitas dan solideritas sebagaimana diharapkan oleh generasi sebelumnya.
Pengertian pemuda/generasi muda sebagaimana yang dimaksudkan dengan pembinaan generasi muda dan dilaksanakan dalam repelita IV adalah :
1)Dilihat dari segi biologis, terdapat istilah :
Bayi :0 – 1tahun
Anak :1 – 12 tahun
Remaja : 12 – 15 tahun
Pemuda : 15 – 30 tahun
Dewasa : 30 tahun keatas
2)Dilihat dari segi budaya atau fungsional dikenal dengan istilah
Anak:0 – 12 tahun
Remaja: 12 – 18 tahun – 21 tahun
Dewasa: 18 – 21 tahun ke atas
Di muka pengadilan manusia berumur 18 tahun sudah dianggap dewasa.
3)Dilihat dari angkatan kerja, ada istilah tenaga muda dan tenaga tua. Tenaga muda adalah calon-calon yang dapat diterima sebagai tenaga kerja yang diambil antara 18 – 22 tahun
4)Dilihat dari perencanaan modern, digunakan istilah sumber-sumber daya manusia muda (young human resources) sebagai salah satu dari 3 sumber-sumber pembangunan yaitu :
a)Sumber-sumber alam (natural resources)
b)Sumber-sumber dana (financial resources)
c)Sumber-sumber daya manusia (human resources)
5)Dilihat dari idiologis-politis, maka generasi muda adalah calon pengganti generasi yang terdahulu, dalam hal ini berumur antara 18 – 30 tahun, dan kadang-kadang sampai umur 40 tahun.
6)Dilihat dari umur, lembaga dan runang lingkup tempat, diperoleh 3 kategori :
Siswa, usia antara 6 – 18 tahun, masih dibangku sekolah
Mahasiswa, usia antara 18 – 25 tahun, masih ada di Universitas atau perguruan tinggi
Pemuda, di luar lingkungan sekolah ataupun peguruan tinggi, usia antara 25 – 30 tahun
Secara kelasik masa muda merupakan masa yang paling menyenangkan. Pencarian jati diri dengan melakukan berbagai hal sesuai kehendak hati, kesenangan, sex bebas, narkotika, kenakalan dan lain-lain merupakan refleksi kelebihan energi yang bermuatan negative. Selama ini pemuda merupakan obyek dan bukan subjek bagi pembangunan. Sehingga hanya sebagai penonton dan penikmat hasil dari pembangunan. Hal ini terjadi karena ketidak percayaangenerasi tua terhadap generasi muda. Takut akan terjadi kegagalan dan sikap mengecilkan bukan suatu sikap yang membangun generasi muda menuju ke arah yang lebih baik karena hal itu dapat mengganggu perkembangan mental pemuda. Tidak adanya kesempatan untuk melakukan pembangunan menumbuhkan suatu perasaan yang membosankan dari diri pemuda. Kegiatan mengasingkan diri dan membentuk kelompok-kelompok preman serta melakukan kegiatan yang meresahkan bagi masarakat umum merupakan suatu cara mereka dalam menyalurkan energy. Dengan demikian tidak dapat di salahkan jika generasi muda yang berikutnya akan demikian. Sikap imitasi/meniru prilaku dari orang lain merupakan proses belajar. Maka lingkungan juga memiliki peran yang cukup besar dalam pertumbuhan setiap insan. Lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah dan lain-lain memiliki porsi yang berbeda dalam membentuk kepribadian anak. Misal seorang anak yang tinggal di lingkungan sekolah pasti memiliki kepribadian yang berbeda dengan anak yang tinggal dilingkungan pasar.
Setiap individu dalam berinteraksi selalu melibatkan individu lain baik yang berkelompok maupun tidak. Dalam hubugannyaindividu dapat mengubah, memperbaiki bahkan merusak eksistensi suatu kelompok/lingkungan demikian juga sebaliknya kelompok/lingkungan juga dapat mengubah dan merusak individu sebagai akibat perusakan individu terhadap lingkungannya. Dengan demikian perspektif masyarakat mengenai pemasalahan-permasalahan pemuda juga harus dilihat dari kaca mata yang berbeda pula. Perilaku yang menyimpang belum tentu karena adanya keinginan dari dalam pemuda itu sendiri melinkan lingkungan yang dibentuk oleh generasi terdahulu juga berpotensi memicu tindakan yang menyimpang oleh pemuda. Keseimbangan antara manusia dan lingkungannya adalah suatu keseimbangan yang dinamis, suatu interaksi yang bergerak. Arah itu sendiri mungkin ke arah kehancuran atau perbaikkan. Hal itu tergantug pada tingkat pengelolaan manusia terhadap lingkungannya, baik potensi manusiawi maupun potensi fisik yang ekonomis.
Jurang pemisah antar golongan akan musnah jika kita memandang semua golongan itu sebagai totalitas (orang tua, pemuda, anak-anak). Dengan demikian tidak ada pertentangan antara pemuda, orang dewasa (generasi tua) dan anak-anak, secara fundamental. Tidak ada generasi yang menganggap dirinya pelindung generasi sekarang atau yang akan datang. Semuanya bertanggung jawab atas keselamatan kesejahteraan, kelangsungan generasi sekarang dan yang akan dating.Kalaupun perbedaan dalam kematangan befikir, dalam menghayati makna hidup dan kehidupan ini semata-mata disebabkan oleh tingkat kedewasaannya saja. Melainkan perbedaan antara kelompok-kelompok yang ada, antara generasi tua dan generasi muda misalnya, hanya terletak pada derajat dan ruang lingkup tanggung jawabnya.