Translate

Selasa, 29 April 2014

CLOUD COMPUTING

CLOUD COMPUTING
Cloud Computing menurut Peter Meel dan Timothy Grance di dalam draftnya berjudul The NIST Definition of Cloud Computing mendefinisikan bahwa cloud computing sebagai sebuah model yang memungkinkan  adanya penggunaan sumber daya (resource) secara bersama sama dan mudah, menyediakan jaringan akses dimana-mana, dapat dikonfigurasi, dan layanan yang digunakan sesuai keperluan (on demand). Hal ini berarti layanan pada cloud computing dapat disediakan dengan cepat dan minimalisir interaksi dengan penyedia layanan (vendor/provider) cloud computing.
Kemunculan cloud computing dilatarbelakangi oleh kebutuhan dunia industri dan komputerisasi akan pemanfaatan bersama sumber daya komputasi yang tersebar namun dapat digunakan sesuai keperluan (on demand). Cloud computing adalah teknologi web 2.0, teknologi web service, serta kemampuan komputasi otomatis yang dilakukan komputer (automatic computation) terkait dengan manajemen sumber daya yang dimilikinya. Cloud Computing memiliki karakteristik, yaitu :
-          On Demand Self Service
Pengguna layanan cloud dapat menyediakan sendiri semua keperluan dan kapabilitas terkait dengan komputasi pada cloud computing.
-          Broad Network Access
Layanan cloud yang memerlukan akses jaringan komputer yang memadai, baik pada internet, intranet, atau kombinasi keduanya.
-          Resource Pooling
Sumber daya komputasi dapat diberdayakan secara bersama – sama dengan lokasi yang berbeda – beda (tidak terpusat pada satu lokasi.
-          Rapid Elasticity
Layanan cloud computing dimana terjadi elastisitas yang cepat pada layanan cloud sesuai dengan kebutuhan pengguna yang bersifat on demand .
-          Measured Service
Layanan cloud computing yang dapat diukur , pengukuran layanan melalui Qos (kualitas layanan) dan Qoe (pengguna layanan)

Kunci utama dalam cloud computing adalah adanya virtualisasi dan ditunjang dengan adanya beragam server yang berada di banyak tempat, akan menjadikan cloud computing yang dapat melayani pengguna dengan lebih optimal.

Penerapan Cloud Computing dalam bidang telekomunikasi


Penerapannya adalah dengan menyediakan layanan sistem informasi yang terpusat, dengan artian data – data yang yang tersebar di berbagai daerah dapat dikelola dan dipantau oleh pusat data. Keuntungan cloud computing dalam bidang telekomunikasi :
1.       Masih jarangnya sumber daya manusia yang mampu mengelola sistem informasi secara menyeluruh di daerah-daerah. Dengan penggunaan teknologi cloud computing, masalah maintenance jaringan inti dan aplikasi inti dapat dilakukan ahli nya secara remote tanpa harus datang ke masing-masing daerah. Perawatan infrastruktur di lapanagan (daerah) hanya sebatas hardware dan software user serta koneksi ke jaringan internet saja.
2.       Jumlah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) potensial yang tersebar di berbagai pelosok dan daerah memungkinkan untuk dijangkau dan diintegrasikan ke dalam suatu sistem e-commerce yang terintegrasi secara nasional melalui cloud computing.
3.       Biaya investasi untuk implementasi cloud computing jauh lebih rendah bila dibandingkan implementasi infrastruktur sistem informasi secara menyeluruh untuk satu daerah (server dan client side)
4.       Proyek Palapa Ring, program Desa Berdering dan Desa Pintar dari Kominfo merupakan langkah awal yang sangat baik untuk mengantarkan Indonesia menuju broadband economy, tinggal bagaimana tugas kita mengelola, menjaga dan memanfaatkannya dengan maksimal untuk mengoptimalkan potensi yang masih belum dioptimalkan ini. Penerapan cloud computing dinilai mampu menjadi trigger yang mempercepat geliat ekonomi yang berimplikasi pada meningkatnya daya beli masyarakat serta menarik minat investor.

Perusahaan yang menggunakan Cloud Computing dalam bidang telekomunikasi.


XCloud

Deskripsi

XL sebagai operator penyedia jasa telekomunikasi selular terdepan di Indonesia menyediakan beragam layanan dengan berbasis teknologi jaringan GSM. Komitmen XL untuk terus memberikan kualitas layanan yang handal dan tepat guna akan kebutuhan pelanggan dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan.
Salah satu solusi layanan yang telah dikembangkan XL dalam mempermudah anda dalam aktifitas dan bisnis pribadi atau koporat adalah dengan menggunakan teknologi Cloud Computing atau Komputasi Awan.
Komputasi awan adalah sebuah cara baru untuk memindahkan layanan yang digunakan sehari-hari ke Internet, serta mempermudah anda dalam mengatur dan berbagi sumber daya teknologi informasi (TI) baik dari sisi perangkat keras, perangkat lunak, infastruktur pendukung, maupun layanan terkait lainnya.

Description: Product Description ImageXL dalam pengembangan teknologi komputasi awan ini menawarkan 3 jenis servis komputasi awan kepada anda. Ketiga servis komputasi awan tersebut adalah Infrastruktur as a Services (IaaS), Platform as a Services (PaaS), dan Software as a Services (SaaS).





                                                                                                                                                                 

Layanan

Di era yang sangat maju ini, XL dalam pengembangan teknologi komputasi awan ini menawarkan 3 jenis servis komputasi awan kepada anda. Ketiga servis komputasi awan tersebut adalah Infrastruktur as a Services (IaaS), Platform as a Services (PaaS), dan Software as a Services (SaaS).
Infrastruktur as a Services (IaaS)
Infrastruktur as a Services adalah adalah sebuah servis dari komputasi awan dimana anda dapat menggunakan infrastruktur IT dalam virtual atau melalui internet, seperti komputer, server, storage atau yang lainnya. Anda bisa definisikan seberapa besar atau spesifikasi dari infrastruktur IT yang anda inginkan. Sebagai contoh adalah anda menyewa komputer virtual, dimana anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan anda.
Platform as a Services (PaaS)
Platform as a Services adalah sebuah servis dari komputasi awan dimana anda dapat mendapatkan sebuah platform berikut sistem operasi, network, database engine, framework aplikasi, serta yang lainya. Anda dapat menjalankan aplikasi yang anda buat di platform tersebut. Anda tidak perlu bingung untuk menyiapkan platform dan memelihara platform karena servis platform ini menjadi tanggung jawab dari penyedia layanan.
Software as a Services (SaaS)
Software as a Services adalah sebuah servis dari komputasi awan dimana anda dapat menggunakan software (perangkat lunak) yang telah disediakan melalui virtual atau internet. Dalam perkembangan teknologi komputasi awan ini, software yang dulu hanya anda bisa gunakan dengan melakukan instalasi pada komputer anda, sekarang anda bisa menggunakannya melalui internet.

Produk

 







                                                                                                                                                                      
1.     XCloud Server
Fasilitas yang kami sediakan untuk anda :
-          Pilih jenis server maupun kapasitas sesuai kebutuhan anda
-          Server anda siap hanya dalam hitungan menit
-          Virtualisasi dengan menggunakan teknologi VMware
-          Akses online untuk pengaturan dan open API
-          Koneksi network dengan high availability ke Tier-1 backbone internet global

2.     XCloud Storage
Fasilitas yang kami sediakan untuk anda :
-          Storage dengan performa tinggi dan redundan yang dapat diakses secara online berbasiskan teknologi SAN
-          Kapasitas dapat disesuaikan dengan cepat dan mudah
-          Dapat menyimpan file dari yang berukuran kecil sampai dengan 5 GB
-          Koneksi network dengan high availability ke Tier-1 backbone internet global
 






                                                                                                                                                                           
3.     Free 2 GB
XCloud menyediakan layanan terbaru bagi pelanggan XL yang menggunakan smartphone Android untuk menyimpan data di cloud storage dengan berbagai kemudahan seperti:
 







                                                                                                                                                                         

Referensi :
-          Eka Pratama,I.P.A., (2013) : Smart city beserta cloud computing dan teknologi – teknologi pendukung lainnya.Bandung.


Tidak ada komentar: