Translate

Senin, 05 Mei 2014

Artikel Game : Age Of Empire III

                                                            Age of Empires III (AoE III)





Sejarah

                 Age of Empires III (AoE III) adalah sebuah permainan real-time strategy yang dikembangkan oleh Ensemble Studios-nya Microsoft Corporation dan dipublikasikan oleh Microsoft Game Studios. Versi Mac-nya diambil alih (was ported over) dan dikembangkan oleh MacSoft Games-nya Destineer dan dipublikasikan oleh Destineer dan MacSoft Games. Versi PC-nya dirilis pada 18 Oktober 2005 di Amerika Utara dan 4 November 2005 di Eropa, sementara versi Mac-nya dirilis pada 21 November 2006 di Amerika Utara dan 29 September 2006 di Eropa. Permainan ini adalah permainan ketiga dari dari seri Age of Empires dan sequel dari Age of Empires II: The Age of Kings. Permainan ini menggambarkan Kolonisasi Bangsa Eropa terhadap Benua Amerika, kira-kira antara 1492 dan 1850 Masehi (diperluas di Age of Empires III: The WarChiefs ke 1876). Secara utama, ada 8 peradaban Eropa yang bisa dimainkan di permainan.
            Age of Empires III telah membuat beberapa inovasi dalam seri, di bagian tertentu dengan penambahan "Kota Asal" (Home City), yang menyatukan fitur real-time strategy dan role-playing game. Dua seri ekspansi telah dirilis: yang pertama,Age of Empires III: The WarChiefs, dirilis pada 17 October 2006, dan memperkenalkan 3 peradaban Pribumi Amerika; yang kedua, Age of Empires III: The Asian Dynasties, dirilis pada 23 October 2007, dan memperkenalkan 3 peradaban Asia.
            Age of Empires III telah terjual lebih dari 2 juta salinan terhitung pada Mei 2008. Sejalan dengan menerima penilaian baik, permainan ini telah menerima penganugrahan, termasuk "Best RTS game of 2005" dari GameSpy, dan salah satu dari permainan berpenjualan terbaik pada 2005.[2] Di 2007, Age of Empires III ada di peringkat ketujuh untuk permainan komputer berpenjualan terbaik, dengan lebih dari 313,000 salinan terjual tahun itu.
            Sebuah versi N-Gage dari permainan yang dikembangkan oleh Glu Mobile dirilis pada 28 April 2009.

Sinopsis

            Age of Empires III secara umum berlatar di Dunia Baru selama era kolonial, antara kira-kira 1492 dan 1850. Seperti gaya permainan ini pada seri-seri sebelumnya, permainan ini membutuhkan pemain untuk mengembangkan sebuah koloni bangsa EropaAsia atau Amerika Utara dari sebuah pemukiman dasar sampai sebuah kekaisaran, berkembang melewati "Zaman"—tingkatan perkembangan teknologi—dan menghancurkan koloni musuh. Ada dua cabang utama dari permainan: ekonomi, dicirikan oleh pengumpulan sumber daya, dan produksi unit sipil—yang biasanya mengumpulkan sumber daya; dan militer yang mengikutsertakan produksi unit militer, dan konflik antara tentara dari pihak-pihak yang saling bermusuhan.
            Sebuah pertarungan terdiri dari sebuah konflik antara dua tim atau bebas untuk semua yang berlomba untuk membangun sebuah pemukiman yang bertenaga dengan membuat dan meningkatkan unit dan bangunan, dengan salah satu secepatnya mengalakan yang lain lewat pertempuran atau penyerahan diri; permainan berakhir saat hanya ada satu pemain atau satu tim tersisa di peta. Bersama dengan fitur khusus real-time strategyini, sebuah penambahan baru yaitu kemampuan pemain untuk mengangkut pasukan, bangunan, sumber daya, danimprovements—seperti bonus militer atau ekonomi—untuk membantu mereka.
            Terdapat 3 mode permainan: campaign berbasis cerita, skirmish pemain tunggal (konflik antara tim), dan skirmish multi-pemain daring (online).
            Skirmish pemain tunggal mengambil tempat antara pemain manusia dan watak komputer, menyesuaikan kepada peraturan yang diatur sebelum permainan. Peta, tingkat kemampuan AI, dan kecepatan mengumpulkan sumber daya setiap pemain dapat dimodifikasi.

Multiplayer

            Pertandingan Multiplayer dapat dimainkan lewat fungsi Ensemble Studios Online (ESO) terbundel termasuk dalam permainan atau lewat sebuah koneksi langsung LAN atau IP.
            Age of Empires III termasuk sebuah akun multi-pemain gratis di Ensemble Studios Online. ESO memungkinkan pemain untuk bermain pertandingan dan mengobrol dengan pemain lain. Setiap salinan dari permainan mendukung 1 akun ESO dan 1 akun NAO. Sebuah perbedaan antara permainan yang lain yaitu di Age of Empires III pemain tidak membutuhkan untuk me-restart permainan, atau mengunjungi sebuah situs untuk meregistrasi sebuah akun atau bermain sebuah permainan.
            Di ESO, pemain dapat membuat Home Cities, sebagaimana dalam pemain tunggal, dan diberikan peringkat militer default,Conscript. Sebagaimana pemain mengalahkan pihak yang lain di pertempuran multi-pemain, mereka dapat dipromosikan, berangsur-angsur memperoleh peringkat yang paling tinggi, sampai yang paling tinggi, Field Marshal, dicapai. Sistem peringkat berdasar kepada sebuah sistem power rating  yang menentukan peringkat berdasarkan kepada kesulitan dari pertandingan dan aktivitas di permainan; sebagai contoh, lebih banyak poin diberikan untuk mengalahkan seorang pemain dengan sebuah tingkat Home City yang lebih tinggi daripada Si Pemenang. Demikian juga, lebih banyak poin dikurangi atas kekalahan dari seorang pemain yang berperingkat lebih rendah. Akses ke beberapa permainan dapat dibatasi lewat penggunakan sistem peringkat. Sebagai contoh, di mode Quick Search, permainan akan menandingimu dengan seorang pemain peringkatnya berada di antara parameter yang dipilih.
            ESO juga mendukung bermain dengan peta buatan, membolehkan bermacam-macam tipe permainan seperti "kucing vs. tikus", "perang benteng", "gold rush", "Pirates of the Caribbean", dll.
            Pertandingan multi-pemain antara klien Mac OS dan Windows tidak bekerja sebagaimana versi permainan berbeda di setiapsistem operasi. Hal ini dapat menjurus ke sebuah galat saat berusaha untuk bergabung ke pertandingan. Versi Mac 1.0.5 hanya bisa bersambung dengan versi Windows 1.12, saat harus disinkronkan dengan versi Windows 1.13.

Permainan

            Pemain memulai dengan sebuah pusat kota yang telah terbangun atau sebuah gerobak, seorang penjelajah, dan beberapa pemukim (jumlah pemukim bergantung kepada peradaban mana yang kau mainkan). Pemain menjelajahi peta dan memulai mengumpulkan sumber daya yang digunakan untuk membuat unit tambahan dan banguan dan untuk meriset peningkatan atau teknologi. Atas aksi-aksi seperti melatih unit, mengkonstruksi bangunan, membunuh unit musuh, dll., pemain mendapatkan poin experience. Di ambang poin experience tertentu, pemain mendapatkan kartu pengiriman yang dapat ditukar untuk pengiriman (shipment) bermacam barang, unit, dan fungsi lain dari Home City. Perkembangan permainan mirip dengan kebanyakan permainan real-time strategy hingga satu pihak berhenti atau tereliminasi. Eliminasi terjadi saat semuavillagers dan penjelajah dari seorang pemain terbunuh, tanpa memperhatikan bangunan dan/atau unit militer yang tersisa.
            Di Age of Empires III, pemain maju melalui "Era" teknologis, menggambarkan periode waktu sejarah; hal ini menyediakan akse ke improvements, unit, dan bangunan yang lebih bagus. Mereka memasukkan Discovery Age, yang menggambarkan penemuan dan penjelajahan Amerika oleh bangsa Eropa dan memungkinkan pemain untuk menjelajahi dan mengembangkan ekonomi mereka; Era Kolonial, yang menggambarkan ekspansi bangsa Eropa terhadap "Dunia Baru" dan membuka unit militer awal; Fortress Age, yang menggambarkan pembentengan koloni Eropa, membuka benteng, dan memungkinkan pemain untuk memiliki sebuah militer yang lebih komplit; Era Industri, yang memicu ekonomi yang kuat, karena sebagian pabrik—bangunan maju yang secara otomatis memproduksi sumber daya atau artileri—dan membuka semua unit dan pengapalan; dan Era Imperial, yang membuka semua bangunan dan peningkatan, dan memungkinkanmu untuk dikirimi pengapalan unit dan sumber daya untuk kali kedua. Semua era membutuhkan makanan dan koin untuk diriset, kecuali Era Kolonial, yang hanya membutuhkan makanan (800).
            Mirip dengan sistem "dewa minor" di Age of Mythology, Age of Empires III menggunakan sebuah "Sistem Politikus" untuk memberikan bonus atas sebuah kemajuan sukses ke era lain. Saat seorang pemain memilih untuk maju ke era berikutnya, mereka diberikan pilihan akan 2 atau lebih "Politikus" yang menyediakan mereka bonus yang masing-masing meiliki menyediakan bonus yang berbeda-beda. Sang Politikus diberikan sebuah gelar yang disesuaikan dengan periode yang biasanya mencerminkan bonus yang diberikannya: sebagai contoh, The Naturalist memberikan pemain 4 sapi.

Peradaban

            Age of Empires III memungkinkan pemain untuk bermain sebagai 8 peradaban berbeda:
Spanyol, Britania, Prancis, Portugis, Belanda, Rusia, Jerman, Ottoman.
            Masing-masing dari delapan peradaban memiliki kekuatan dan kelemahannya sendiri dan unit unik yang hanya tersedia untuk peradaban itu saja. Pemain dapat mengganti nama dari Home City mereka, nama Sang Penjelajah, dan diberikan sebuah pre-named atas pemimpin dari bagian dari periode (Sebagai contoh, Napoleon Bonaparte untuk Prancis, Suleiman yang Agung untuk Ottoman, dan Ivan Sang Pengacau untuk Rusia). Setiap peradaban memiliki pengapalan unik untuk membantu ekonomi dan militernya (untuk contoh, Ottoman dapat memesan sebuah pengapalan emas untuk mereka maupun temannya.)
            Terdapat peradaban lain yang dapat dimainkan lewat campaign, seperti Ksatria dari St. John, Pasukan Bayaran John Black, dan Amerika Serikat, yang dimainkan sebagai, berturut-turut, peradaban Spanyol, Jerman dan Britania, dengan beberapa modifikasi. Peradaban campaign yang tak dapat dimainkan termasuk Bajak Laut, Circle of Ossus dan Penduduk Pribumi Amerika, walaupun peradaban-peradaban ini dapat dimainkan menggunakan Editor Skenario (Scenario Editor).
12 Suku-suku Pribumi Amerika juga terdapat di permainan:
Aztek, Carib, Cherokee, Comanche, Cree, Inka, Iroquoi, Lakota, Mapuche, Maya, Nootka, Seminole, Tupi.
            tetapi mereka tidak dimainkan dengan sendirinya di faksi. Bagaimanapun, pemain dapat memperoleh akses ke unit danimprovements unik dengan membentuk sebuah persekutuan dengan suku-suku tersebut dengan membangun sebuah pos perdagangan di pemukiman mereka.

Home Cities

            Age of Empires III adalah permainan pertama dalam seri Age of Empires yang memperkenalkan konsep Home City. Home City berfungsi sebagai sebuah kota kedua, yang terpisah dari permainan aktif, tidak dapat diserang atau dihancurkan, walaupun sebuah peningkatan Era Imperial bernama Blockade menghentikan lawan menerima pengapalan dari Home City. Mirip dengan sebuah karakter role-playing game, Home City tetap ada di antara permainan-permainan, maksudnya bahwa peningkatan yang diperoleh lewat permainan-permainan yang berbeda dapat digunakan dan tetap tergunakan selama kota tersebut ada. Beberapa Home Cities dapat dibuat dan diurus, walaupun masing-masing hanya mendukung satu peradaban.
            Home City tersusun atas lima bangunan utama: Perusahaan Dagang Dunia Baru, Akademi Militer, Katerdal, Pabrik (Manufacturing Plant), dan Pelabuhan. yang dari mana pemain memilih kartu pengapalan baru mereka dan sejumlah penyesuaian. Pemain juga dapat mengakses Home City selama sebuah pertandingan dengan mengklik pada tombol "Home City" ditunjukkan pada HUD sebagai bendera bangsa yang dipakainya. Home City berfungsi secara berbeda di dalam sebuah permainan. Alih-alih atas menyesuaikan sebuah Home City atau memilih kartu, seorang pemain dapat memilih kartu pengapalan sebelum permainan (dan menambahkannya ke sebuah deck).
            Dalam jalannya sebuah pertandingan, pemain-pemain mendapatkan poin XP (experience) dengan menyelesaikan aksi-aksi seperti membuat bangunan, melatih unit, membunuh musuh, dan mengumpulkan harta karun. Saat jumlah dari poinexperience mencapai nilai tertentu, pemain dapat menggunakan sebuah pengapalan dari Home City dirinya. XP ini juga dijumlahkan secara langsung ke Home City dan dikumpulkan dari seluruh permainan yang mengikutsertakan Home City-nya.
            Pemain dapat mengelompokkan kartu-kartu mereka ke 3 kombinasi berbeda: Economic boom, Rush (kombinasi militer), atauTurtle (kombinasi defensif). Kartu-kartu yang terpilih awal secara otomatis dimasukkan ke portofolio pemain, di mana mereka dapat disalin ke sebuah deck untuk digunakan di pertandingan. Nantinya di permainan, kartu-kartu yang akan digunakan harus dipilih secara manual karena jumlah kartu dalam satu deck terbatas. Kebanyakan kartu tersedia untuk semua peradaban, tetapi beberapa hanya untuk salah satu. Jika Home City yang sedang dimainkan memiliki lebih dari satudeck, pemain harus memilih yang mana yang akan digunakan. Selama sebuah permainan, pemain tak dapat menggantideck-nya. Sebuah deck berkapasitas 20 kartu. Namun, dengan naiknya level Home City, jumlah kapasitas dapat bertambah satu tiap 10 level.

Unit

            Unit di Age of Empires III berbasis di sekitar kelas militer dari periode waktu historis. Pemain mengendalikan berbagai unit sipil dan militer, dan menggunakan mereka untuk memperluas dan membangun peradaban mereka, juga berperang melawan musuh. Unit utama dari permainan adalah Pemukim (Settler), mengumpulkan sumber daya dan membangun bangunan, untuk meningkatkan ekonomi peradabannya. Jumlah unit dari seoranng permain dibatasi oleh "batas populasi", sebuah mekanisme umum di permainan real-time strategy. Setiap unit yang diproduksi menambah jumlah populasi sampai batas maksimalnya 200. Unit dasar seperti pemukim dan infantri dihitung 1, tetapi yang lain, termasuk kebanyakan kavaleri dan infantri bayaran dihitung 2. Unit yang lebih kuat, terutama artileri atau kavaleri bayaran, dapat dihitung hingga 7. Pejuang pribumi, penjelajah, binatang, balon udara, dan kapal perang tidak termasuk populasi, tapi memiliki batas pembuatan, memungkinkan pemain untuk hanya mengeluarkan beberapa dari unit tertentu sekali waktu.

Bangunan

            Buildings merupakan aspek besar di permainan, secara mereka digunakan untuk melatih unit sipil dan militer, merisetimprovements, menyuplai populasi, menyediakan pertahanan struktural, atau sebagai penyedia sumber daya. Bangunan-bangunan yang digambarkan di Age of Empires III menunjukkan desain arsitektur dari era tersebut. Semua permainan di seri membagi beberapa bangunan, termasuk Pusat Kota (Town Center) dan Pelabuhan (Docks). Penampilan dan atribut dari sebuah bangunan berganti sejalan Sang Pemain maju dalam era-era, dan beberapa peradaban memiliki bangunan unik mereka sendiri. Penampilan dari bangunan-bangunan ini bergantung ke peradabannya. Beberapa bangunan hanya dapat dibangun di waktu-waktu tertentu, seperti menara bertahan (defensive towers).
            Ada gaya arsitektur tertentu di permainan; gaya arsitektur menentukan penampilan dari bangunan dalam permainan. Setiap peradaban secara otomatis mendapatkan gaya aristekturnya. Terdapat 3 gaya arsitektur, yaitu: Eropa Barat, dimiliki oleh BritaniaPrancis, dan Belanda; Eropa Timur, dimiliki oleh Jerman dan Russia; dan Mediterrania, yang dimiliki olehSpanyolPortugis, dan Ottoman.

Campaign

            Mode campaign berbasis cerita mengandung skenario yang terkait dengan tujuan yang telah ditetapkan, seperti menghancurkan bangunan tertentu. Dalam Age of Empires III, campaigns-nya mengikuti keluarga Black dalam sebuah seri dari 3 Acts, yang membagi busut cerita ke 3 generasi. Semua acts dinarasikan oleh Amelia Black (Tasia Valenza).
Act I: Blood, di mana pemain mengasumsi perintah dari Ksatria dari St. John;
Act II: Ice, di mana pemain bermain sebagai pasukan bayaran John Black;
Act III: Steel, di mana pemain bermain sebagai Amerika Serikat.


Tidak ada komentar: