Age of Empires III (AoE III)
Sejarah
Age of Empires III (AoE III) adalah sebuah permainan real-time strategy yang dikembangkan oleh Ensemble Studios-nya
Microsoft Corporation dan dipublikasikan oleh Microsoft Game Studios. Versi Mac-nya
diambil alih (was ported over) dan dikembangkan oleh MacSoft Games-nya Destineer dan
dipublikasikan oleh Destineer dan MacSoft Games. Versi
PC-nya dirilis pada 18 Oktober 2005 di Amerika Utara dan
4 November 2005 di Eropa, sementara versi Mac-nya dirilis pada 21 November 2006
di Amerika Utara dan 29 September 2006 di Eropa. Permainan ini
adalah permainan ketiga dari dari seri Age of
Empires dan sequel dari Age of Empires II: The Age of Kings.
Permainan ini menggambarkan Kolonisasi
Bangsa Eropa terhadap Benua Amerika, kira-kira antara 1492 dan 1850 Masehi (diperluas
di Age of Empires III: The WarChiefs ke
1876). Secara utama, ada 8 peradaban Eropa yang bisa dimainkan di permainan.
Age of Empires III telah membuat beberapa inovasi
dalam seri, di bagian tertentu dengan penambahan "Kota Asal" (Home
City), yang menyatukan fitur real-time strategy dan role-playing
game. Dua seri ekspansi telah
dirilis: yang pertama,Age of Empires III: The WarChiefs,
dirilis pada 17 October 2006, dan memperkenalkan 3 peradaban Pribumi Amerika;
yang kedua, Age of Empires III: The Asian
Dynasties, dirilis pada 23 October 2007, dan memperkenalkan 3
peradaban Asia.
Age of Empires III telah terjual lebih dari 2 juta
salinan terhitung pada Mei 2008. Sejalan dengan menerima penilaian baik,
permainan ini telah menerima penganugrahan, termasuk "Best RTS game of
2005" dari GameSpy, dan salah satu dari permainan berpenjualan terbaik
pada 2005.[2] Di
2007, Age of Empires III ada di peringkat ketujuh untuk permainan
komputer berpenjualan terbaik, dengan lebih dari 313,000 salinan terjual tahun
itu.
Sebuah versi N-Gage dari permainan
yang dikembangkan oleh Glu Mobile dirilis pada 28 April 2009.
Sinopsis
Age of Empires III secara umum berlatar di Dunia Baru selama
era kolonial, antara kira-kira 1492 dan 1850. Seperti gaya permainan ini
pada seri-seri sebelumnya, permainan ini membutuhkan pemain untuk mengembangkan
sebuah koloni bangsa Eropa, Asia atau Amerika Utara dari
sebuah pemukiman dasar sampai sebuah kekaisaran, berkembang melewati
"Zaman"—tingkatan perkembangan teknologi—dan menghancurkan koloni
musuh. Ada dua cabang utama dari permainan:
ekonomi, dicirikan oleh pengumpulan sumber daya, dan produksi unit sipil—yang
biasanya mengumpulkan sumber daya; dan militer yang mengikutsertakan produksi
unit militer, dan konflik antara tentara dari pihak-pihak yang saling
bermusuhan.
Sebuah pertarungan terdiri dari sebuah konflik antara dua
tim atau bebas untuk semua yang berlomba untuk membangun sebuah pemukiman yang
bertenaga dengan membuat dan meningkatkan unit dan bangunan, dengan salah satu
secepatnya mengalakan yang lain lewat pertempuran atau penyerahan diri;
permainan berakhir saat hanya ada satu pemain atau satu tim tersisa di peta.
Bersama dengan fitur khusus real-time strategyini, sebuah penambahan baru
yaitu kemampuan pemain untuk mengangkut pasukan, bangunan, sumber daya, danimprovements—seperti
bonus militer atau ekonomi—untuk membantu mereka.
Terdapat 3 mode permainan: campaign berbasis
cerita, skirmish pemain tunggal (konflik antara tim), dan skirmish multi-pemain
daring (online).
Skirmish pemain tunggal mengambil tempat antara
pemain manusia dan watak komputer, menyesuaikan kepada peraturan yang diatur
sebelum permainan. Peta, tingkat kemampuan AI,
dan kecepatan mengumpulkan sumber daya setiap pemain dapat dimodifikasi.
Multiplayer
Pertandingan Multiplayer dapat dimainkan lewat
fungsi Ensemble Studios Online (ESO) terbundel
termasuk dalam permainan atau lewat sebuah koneksi langsung LAN atau IP.
Age of Empires III termasuk sebuah akun multi-pemain
gratis di Ensemble Studios Online. ESO memungkinkan pemain untuk bermain
pertandingan dan mengobrol dengan pemain lain. Setiap salinan dari permainan
mendukung 1 akun ESO dan 1 akun NAO. Sebuah perbedaan antara permainan yang
lain yaitu di Age of Empires III pemain tidak membutuhkan untuk me-restart permainan,
atau mengunjungi sebuah situs untuk meregistrasi sebuah akun atau bermain
sebuah permainan.
Di ESO, pemain dapat membuat Home Cities,
sebagaimana dalam pemain tunggal, dan diberikan peringkat militer default,Conscript.
Sebagaimana pemain mengalahkan pihak yang lain di pertempuran multi-pemain,
mereka dapat dipromosikan, berangsur-angsur memperoleh peringkat yang paling
tinggi, sampai yang paling tinggi, Field Marshal, dicapai. Sistem
peringkat berdasar kepada sebuah sistem power rating yang menentukan
peringkat berdasarkan kepada kesulitan dari pertandingan dan aktivitas di
permainan; sebagai contoh, lebih banyak poin diberikan untuk mengalahkan
seorang pemain dengan sebuah tingkat Home City yang lebih tinggi
daripada Si Pemenang. Demikian juga, lebih banyak poin dikurangi atas kekalahan
dari seorang pemain yang berperingkat lebih rendah. Akses ke beberapa permainan
dapat dibatasi lewat penggunakan sistem peringkat. Sebagai contoh, di mode Quick
Search, permainan akan menandingimu dengan seorang pemain peringkatnya berada
di antara parameter yang dipilih.
ESO juga mendukung bermain dengan peta buatan,
membolehkan bermacam-macam tipe permainan seperti "kucing vs. tikus",
"perang benteng", "gold rush", "Pirates of the
Caribbean", dll.
Pertandingan multi-pemain antara klien Mac OS dan Windows
tidak bekerja sebagaimana versi permainan berbeda di setiapsistem
operasi. Hal ini dapat menjurus ke sebuah galat saat berusaha untuk
bergabung ke pertandingan. Versi Mac 1.0.5 hanya bisa bersambung dengan versi
Windows 1.12, saat harus disinkronkan dengan versi Windows 1.13.
Permainan
Pemain memulai dengan sebuah pusat kota yang telah
terbangun atau sebuah gerobak, seorang penjelajah, dan beberapa pemukim (jumlah
pemukim bergantung kepada peradaban mana yang kau mainkan). Pemain menjelajahi
peta dan memulai mengumpulkan sumber daya yang digunakan untuk membuat unit
tambahan dan banguan dan untuk meriset peningkatan atau teknologi. Atas aksi-aksi
seperti melatih unit, mengkonstruksi bangunan, membunuh unit musuh, dll.,
pemain mendapatkan poin experience. Di ambang poin experience tertentu,
pemain mendapatkan kartu pengiriman yang dapat ditukar untuk pengiriman (shipment)
bermacam barang, unit, dan fungsi lain dari Home City. Perkembangan
permainan mirip dengan kebanyakan permainan real-time strategy hingga satu pihak
berhenti atau tereliminasi. Eliminasi terjadi saat semuavillagers dan
penjelajah dari seorang pemain terbunuh, tanpa memperhatikan bangunan dan/atau
unit militer yang tersisa.
Di Age of Empires III, pemain maju melalui
"Era" teknologis, menggambarkan periode waktu sejarah; hal ini
menyediakan akse ke improvements, unit, dan bangunan yang lebih bagus.
Mereka memasukkan Discovery Age, yang menggambarkan penemuan dan
penjelajahan Amerika oleh bangsa Eropa dan memungkinkan pemain untuk menjelajahi
dan mengembangkan ekonomi mereka; Era Kolonial, yang menggambarkan ekspansi
bangsa Eropa terhadap "Dunia Baru" dan membuka unit militer awal; Fortress
Age, yang menggambarkan pembentengan koloni Eropa, membuka benteng, dan
memungkinkan pemain untuk memiliki sebuah militer yang lebih komplit; Era
Industri, yang memicu ekonomi yang kuat, karena sebagian pabrik—bangunan maju
yang secara otomatis memproduksi sumber daya atau artileri—dan membuka semua
unit dan pengapalan; dan Era Imperial, yang membuka semua bangunan dan
peningkatan, dan memungkinkanmu untuk dikirimi pengapalan unit dan sumber daya
untuk kali kedua. Semua era membutuhkan makanan dan koin untuk diriset, kecuali
Era Kolonial, yang hanya membutuhkan makanan (800).
Mirip dengan sistem "dewa minor" di Age of
Mythology, Age of Empires III menggunakan sebuah "Sistem
Politikus" untuk memberikan bonus atas sebuah kemajuan sukses ke era lain.
Saat seorang pemain memilih untuk maju ke era berikutnya, mereka diberikan
pilihan akan 2 atau lebih "Politikus" yang menyediakan mereka bonus
yang masing-masing meiliki menyediakan bonus yang berbeda-beda. Sang Politikus
diberikan sebuah gelar yang disesuaikan dengan periode yang biasanya
mencerminkan bonus yang diberikannya: sebagai contoh, The Naturalist memberikan
pemain 4 sapi.
Peradaban
Age of Empires III memungkinkan pemain untuk bermain
sebagai 8 peradaban berbeda:
Spanyol,
Britania,
Prancis,
Portugis,
Belanda,
Rusia,
Jerman,
Ottoman.
Masing-masing dari delapan peradaban memiliki kekuatan
dan kelemahannya sendiri dan unit unik yang hanya tersedia untuk peradaban itu
saja. Pemain dapat mengganti nama dari Home City mereka, nama Sang
Penjelajah, dan diberikan sebuah pre-named atas pemimpin dari bagian
dari periode (Sebagai contoh, Napoleon Bonaparte untuk Prancis, Suleiman yang Agung untuk Ottoman,
dan Ivan Sang Pengacau untuk
Rusia). Setiap peradaban memiliki pengapalan unik untuk membantu ekonomi dan
militernya (untuk contoh, Ottoman dapat memesan sebuah pengapalan emas untuk mereka
maupun temannya.)
Terdapat peradaban lain yang dapat dimainkan lewat campaign,
seperti Ksatria dari St. John,
Pasukan Bayaran John Black, dan Amerika
Serikat, yang dimainkan sebagai, berturut-turut, peradaban
Spanyol, Jerman dan Britania, dengan beberapa modifikasi. Peradaban campaign yang
tak dapat dimainkan termasuk Bajak Laut, Circle of
Ossus dan Penduduk
Pribumi Amerika, walaupun peradaban-peradaban ini dapat dimainkan
menggunakan Editor Skenario (Scenario Editor).
12 Suku-suku Pribumi
Amerika juga terdapat di permainan:
Aztek, Carib, Cherokee,
Comanche, Cree, Inka, Iroquoi, Lakota, Mapuche,
Maya, Nootka, Seminole,
Tupi.
tetapi mereka tidak dimainkan dengan sendirinya di faksi.
Bagaimanapun, pemain dapat memperoleh akses ke unit danimprovements unik
dengan membentuk sebuah persekutuan dengan
suku-suku tersebut dengan membangun sebuah pos perdagangan di
pemukiman mereka.
Home
Cities
Age of Empires III adalah permainan pertama dalam
seri Age of Empires yang memperkenalkan konsep Home City. Home
City berfungsi sebagai sebuah kota kedua, yang terpisah dari permainan
aktif, tidak dapat diserang atau dihancurkan, walaupun sebuah peningkatan Era
Imperial bernama Blockade menghentikan lawan menerima pengapalan dari Home
City. Mirip dengan sebuah karakter role-playing
game, Home City tetap ada di antara permainan-permainan,
maksudnya bahwa peningkatan yang diperoleh lewat permainan-permainan yang
berbeda dapat digunakan dan tetap tergunakan selama kota tersebut ada. Beberapa Home
Cities dapat dibuat dan diurus, walaupun masing-masing hanya mendukung
satu peradaban.
Home City tersusun atas lima bangunan utama:
Perusahaan Dagang Dunia Baru, Akademi Militer, Katerdal, Pabrik (Manufacturing
Plant), dan Pelabuhan. yang dari mana pemain memilih kartu pengapalan baru
mereka dan sejumlah penyesuaian. Pemain juga dapat mengakses Home City selama
sebuah pertandingan dengan mengklik pada tombol "Home City"
ditunjukkan pada HUD sebagai bendera bangsa
yang dipakainya. Home City berfungsi secara berbeda di dalam sebuah
permainan. Alih-alih atas menyesuaikan sebuah Home City atau memilih
kartu, seorang pemain dapat memilih kartu pengapalan sebelum permainan (dan
menambahkannya ke sebuah deck).
Dalam jalannya sebuah pertandingan, pemain-pemain
mendapatkan poin XP (experience) dengan menyelesaikan aksi-aksi seperti membuat
bangunan, melatih unit, membunuh musuh, dan mengumpulkan harta karun. Saat
jumlah dari poinexperience mencapai nilai tertentu, pemain dapat
menggunakan sebuah pengapalan dari Home City dirinya. XP ini juga
dijumlahkan secara langsung ke Home City dan dikumpulkan dari seluruh
permainan yang mengikutsertakan Home City-nya.
Pemain dapat mengelompokkan kartu-kartu mereka ke 3
kombinasi berbeda: Economic boom, Rush (kombinasi militer), atauTurtle (kombinasi
defensif). Kartu-kartu yang terpilih awal secara otomatis dimasukkan ke
portofolio pemain, di mana mereka dapat disalin ke sebuah deck untuk
digunakan di pertandingan. Nantinya di permainan, kartu-kartu yang akan
digunakan harus dipilih secara manual karena jumlah kartu dalam satu deck terbatas.
Kebanyakan kartu tersedia untuk semua peradaban, tetapi beberapa hanya untuk
salah satu. Jika Home City yang sedang dimainkan memiliki lebih dari
satudeck, pemain harus memilih yang mana yang akan digunakan. Selama sebuah
permainan, pemain tak dapat menggantideck-nya. Sebuah deck berkapasitas
20 kartu. Namun, dengan naiknya level Home City, jumlah kapasitas dapat
bertambah satu tiap 10 level.
Unit
Unit di Age of Empires III berbasis di sekitar
kelas militer dari
periode waktu historis. Pemain mengendalikan berbagai unit sipil dan militer,
dan menggunakan mereka untuk memperluas dan membangun peradaban mereka, juga
berperang melawan musuh. Unit utama dari permainan adalah Pemukim (Settler),
mengumpulkan sumber daya dan membangun bangunan, untuk meningkatkan ekonomi peradabannya.
Jumlah unit dari seoranng permain dibatasi oleh "batas populasi",
sebuah mekanisme umum di permainan real-time strategy. Setiap unit yang diproduksi
menambah jumlah populasi sampai batas maksimalnya 200. Unit dasar seperti
pemukim dan infantri dihitung 1, tetapi yang lain, termasuk kebanyakan kavaleri
dan infantri bayaran dihitung 2. Unit yang lebih kuat, terutama artileri atau
kavaleri bayaran, dapat dihitung hingga 7. Pejuang pribumi, penjelajah,
binatang, balon udara, dan kapal perang tidak termasuk populasi, tapi memiliki
batas pembuatan, memungkinkan pemain untuk hanya mengeluarkan beberapa dari
unit tertentu sekali waktu.
Bangunan
Buildings merupakan aspek besar di permainan, secara
mereka digunakan untuk melatih unit sipil dan militer, merisetimprovements,
menyuplai populasi, menyediakan pertahanan struktural, atau sebagai penyedia
sumber daya. Bangunan-bangunan yang digambarkan di Age of Empires III menunjukkan
desain arsitektur dari era tersebut. Semua permainan di seri membagi beberapa
bangunan, termasuk Pusat Kota (Town Center) dan Pelabuhan (Docks). Penampilan
dan atribut dari sebuah bangunan berganti sejalan Sang Pemain maju dalam
era-era, dan beberapa peradaban memiliki bangunan unik mereka sendiri.
Penampilan dari bangunan-bangunan ini bergantung ke peradabannya. Beberapa
bangunan hanya dapat dibangun di waktu-waktu tertentu, seperti menara bertahan
(defensive towers).
Ada gaya arsitektur tertentu di permainan; gaya
arsitektur menentukan penampilan dari bangunan dalam permainan. Setiap
peradaban secara otomatis mendapatkan gaya aristekturnya. Terdapat 3 gaya
arsitektur, yaitu: Eropa Barat, dimiliki oleh Britania, Prancis,
dan Belanda;
Eropa Timur, dimiliki oleh Jerman dan Russia; dan
Mediterrania, yang dimiliki olehSpanyol, Portugis, dan Ottoman.
Campaign
Mode campaign berbasis cerita mengandung
skenario yang terkait dengan tujuan yang telah ditetapkan, seperti menghancurkan
bangunan tertentu. Dalam Age of Empires III, campaigns-nya mengikuti
keluarga Black dalam sebuah seri dari 3 Acts, yang membagi busut cerita ke
3 generasi. Semua acts dinarasikan oleh Amelia Black (Tasia Valenza).
Act I: Blood, di mana
pemain mengasumsi perintah dari Ksatria dari St. John;
Act II: Ice, di mana
pemain bermain sebagai pasukan bayaran John Black;
Act III: Steel, di mana
pemain bermain sebagai Amerika Serikat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar