Translate

Selasa, 30 September 2014

ADMINISTRASI BISNIS



Administrasi bisnis adalah bagian dari ilmu-ilmu sosial yang mempelajari proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam upaya mencapai suatu tujuan,merupakan ilmu yang berfokus pada prilaku manusia. Sebagai ilmu, administrasi mempunyai objek, subjek, dan metode. Objek dari ilmu administrasi adalah orang-orang dengan prilakunya, subjek yang dipelajari adalah bentuk atau bagian serta mekanisme kerja sama, sedangkan metode merupakan cara atau pemikiran yang dikembangkan untuk mencapai tujuan dari kerja sama tersebut.
Di dalam bisnis terdapat beberapa kebutuhan, diantaranya sebagai berikut:

Self Actualization = kebutuhan naluriah pada manusia untuk melakukan yang terbaik dari yang dia bisa. Maslow menyatakan aktualisasi diri adalah proses menjadi diri sendiri dan mengembangkan sifat-sifat dan potensi psikologis yang unik. Kebutuhan akan aktualisasi diri meliputi kebutuhan akan memenuhi keberadaan diri (self fulfillment) melalui memaksimumkan penggunaaan kemampuan dan potensi diri.
Ego/Esteem Needs = kebutuhan akan harga diri, status, prestise, respek, dan penghargaan dari pihak lain sehingga manusia lebih membutuhkan penghargaan dan rasa hormat dari orang orang disekitarnya seperti seorang professor yang selalu dipanggil “prof” oleh orang dan selalu mencium tangannya ketika bertemu.
Social Needs = kebutuhan akan interpersonal yang melibatkan perasaan kepemilikan dan cinta. Menurut Maslow, manusia perlu merasa rasa memiliki dan penerimaan di antara kelompok-kelompok sosial mereka, tidak peduli apakah kelompok-kelompok ini besar atau kecil. Sebagai contoh, beberapa kelompok sosial yang besar mungkin termasuk klub, rekan kerja, kelompok-kelompok keagamaan, organisasi profesi, tim olahraga, dan geng. Seorang manusia butuh mencintai dan dicintai baik secara seksual maupun non-seksual oleh orang lain
Safety Needs = Kebutuhan akan keselematan diri, karena dengan kebutuhan fisik mereka hanya relative puas sedangkan kebutuhan akan keselamatan diri didahulukan mendominasi perilaku. Kebutuhan akan keselamatan diri mencakup keselamatan finansial, kesehatan, keselamatan terhadap kecelakaan atau penyakit yang terjadi.
Physiological Needs = Kebutuhan akan segala hal untuk mempertahankan hidup. Kebutuhan ini mencakup kebutuhan makanan/minuman, pakaian, dan tempat tinggal. Kepuasan yang didapatkan dari kebutuhan ini relative tergantung pada tingkatan manusia itu sendiri.



·         One of the things you enjoy about your current job is that you are always
learning something new, such as taking seminars, and reading about new
technologies as related to your company’s products.
Hal tersebut berkaitan dengan self Actualization needs karena pada kasus tersebut saya lebih menyukai terhadap hal hal yang dapat mengembangkan pengetahuan saya dan selalu belajar tentang teknologi teknologi baru agar bisa bermanfaat terhadap perusahaan.

·         The company just installed a new air conditioning system so that it does not get
to hot and stuffy like it did last summer.
Hal tersebut berhubungan dengan safety needs karena pada kasus tersebut individu  membutuhkan perlindungan dari rasa panas yang terjadi, sehingga akhirnya perusahaan memasang AC sehingga dapat meberikan perlindungan (keamanan) kepada para karyawan dari rasa panas.

·         You have a spacious corner office with the best views available.
Hal tersebut berhubungan dengan Esteem needs sehingga orang orang akan mampu melihat dengan pandangan yang baik, sehingga secara otomatis akan meningkatkan derajat kita dimata orang orang, sehingga orang lain pun akan memberikan penghargaan atau penghormatan kita.

·         You receive a very modest starting salary in your first job after graduation but it
at least pays the bills.
Hal ini berhubungan dengan Physiological needs  karena gaji merupakan kebutuhan dasar karyawan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya seperti untuk membeli makanan, pakaian, maupun tempat tinggal. Tanpa gaji para karyawan tak akan bisa memenuhi kebutuhan hidupnya yang menyebabkan mereka tak dapat bertahan hidup.



·         One of the things you appreciate about your employer is that it pays for your
medical and dental plans.
Hal ini berhubungan dengan safety needs karena kebutuhan akan jaminan asuransi kesehatan, manusia membutuhkan jaminan keamanan finansial dan kesehatan, sehingga apabila terserang penyakit terdapat jaminan asuransi kesehatan yang dapat memberikan rasa aman terhadap pengobatan penyakit yang dideritanya.
·         You like working for your boss who is accessible and easy to get along with.
Hal ini berhubungan dengan social needs  dimana seorang pegawai membutuhkan interpersonal atau sosialisasi terhadap lingkungan kerjanya baik itu terhadap boss maupun terhadap pegawai lainnya. Pegawai juga membutuhkan rasa dicintai oleh bossnya seperti sering diajak jalan, curhat atau kegiatan lainnya.


·         In your latest assignment you will come up with a complete marketing strategy
for promoting a product. Other than the overall promotion budget, you may
prepare any plan that will get the best results.
Hal ini berhubungan dengan self actualization dan esteem needs.



·         In your first customer service job, you handled product inquiries, problems and
other issues by telephone or email. Now that you have been transferred to large
accounts you will visit customers onsite and meet them in person.
Hal ini berhubungan dengan social needs karena masalah ini berhubungan dengan komunikasi terhadap customer. Pada dasaranya social needs akan melatih skill komunikasi dan negosiasi sehingga pegawai dapat mengatasi permasalahan yang disampaikan oleh customer dan dapat menjelaskan kepada customer dengan bahasa yang tepat dan mudah dimengerti.

·         Although both job opportunities are equal in most ways, you decide to accept
employment at a large company offering a good salary instead of a job at a
dot.com startup with a lower salary even though it offers generous stock
options.
hal ini berhubungan dengan safety needs karena pegawai membutuhkan keamanan akan keamanan finansial dan keamanan pekerjaan yang diambilnya. Pegawai membutuhkan jaminan akan gaji yang diterimanya sesuai dan ia dapat bekerja dengan nyaman dan baik ditempat tersebut.


·         Although you are not officially a manager, many of your coworkers come to you
for technical advice and guidance because of your expertise and experience.
hal ini berhubungan dengan Esteem needs karena orang orang sering meminta saran karena menghargai pengalaman dan keahlian yang dimiliki. Orang orang merasa bahwa diri saya adalah orang yang lebih ahli dan berpengalaman sehingga meminta saran kepada saya.


1.Menurut saya mendatangkan motivator belum tentu bisa menumbuhkan motivasi para karyawan untuk tetap bekerja di perusahaan tersebut, karena para karyawan tidak hanya membutuhkan gaji, karena menurut para maslow terdapat 5 kebutuhan dari seorang manusia yaitu kebutuhan fisik berupa gaji untuk memenuhi kebutuhan hidup berupa makanan, pakaian, dan tempat tinggal dan kebutuhan fisik saja belum cukup untuk memotivasi para karyawan untuk tetap bekerja diperusahaan tersebut karena apabila kebutuhan tersebut telah terpenuhi para karyawan membutuhkan 4 kebutuhan lain. Kebutuhan akan keamanan,  mungkin saja mereka membutuhkan jaminan keamanan baik itu kemanan akan kesehatan berupa finansial maupun keamanan dalam keselamatan kerja berupa asuransi kesehatan, lalu para karyawan juga membutuhkan kebutuhan social yaitu interaksi terhadap individu individu di lingkungan kerja sehingga perlu diperhatikan lagi apakah lingkungan kerja yang terbentuk sudah sangat kondusif dan hubungan antar karyawan tersebut sudah terjalin dengan sangat baik. Boss yang hanya memberikan gaji tanpa tidak memiliki rasa memiliki terhadap karyawannya dan cenderung arogan juga membuat para karyawan enggan untuk bekerja di tempat tersebut walaupun gaji yang diberikan besar. Lalu kebutuhan keempat yaitu kebutuhan akan penghargaan, mungkin karyawan butuh penghargaan dari para atasan apabila telah menyelesaikan suatu pekerjaan. Penghargaan itu bisa berupa piagam, promosi jabatan ataupun hanya sekedar ucapan sehingga karyawan semakin terpacu untuk melakukan hal yang lebih baik dari sebelumnya dan merasa tertantang untuk terus bekerja di perusahaan tersebut.  Yang terakhir adalah kebutuhan akan aktualisasi diri, mungkin para karyawan ingin sekali diberikan pelatihan pelatihan berupa teknologi baru sehingga ia akan dapat lebih berperan dalam perusahaan tersebut, atau karyawan tersebut ingin dilibatkan dalam projek projek besar. Jadi tidak cukup hanya mendatangkan motivator, tetapi perusahaan juga harus memperhatikan kelima kebutuhan diatas untuk dapat memotivasi para karyawan untuk tetap bekerja dengan baik di perusahaan tersebut yang nantinya akan berdampak positif terhadap perusahaan tersebut.

2.Hal ini adalah hal yang baik, sehingga perkembangan dari karyawan dapat selalu dipantau sehingga dapat terlihat para karyawan yang telah bekerja dengan baik dan karyawan yang bekerja belum maksimal. Hal ini dapat memudahkan untuk memberikan penghargaan kepada para karyawan yang telah bekerja dengan baik dan juga mengambil keputusan terhadap para pegawai yang bekerja belum maksimal. Hal ini tentu saja sesuai dengan teori X dan teori Y, bahwasanya ada pekerja yang sangat cinta dengan pekerjaan dan senang apabila diberika pekerjaan dan ada juga pegawai yang tidak suka dengan pekerjaan dan cenderung menghindari tanggung jawab sehingga mesti diawasi dengan ketat dan selalu diberikan motivasi. Sehingga apabila ada karyawan yang menganut teori X para karyawan harus sering memberikan arahan kepada para pegawainya serta memotivasi pegawai dengan mencoba memenuhi kelima kebutuhan mereka sesuai dengan teori maslow sehingga nantinya para karyawan tersebut akan semakin terpacu untuk tetap bekerja dengan baik di perusahaan tersebut.


Tidak ada komentar: